Seragam kerja kantor tidak hanya seragam atau pakaian biasa saja. Tetapi memiliki kegunaan dan fungsi tertentu. Biasanya, berbagai bidang pekerjaan memiliki seragam kantor tersendiri yang sudah disesuaikan. Di mana, salah satu fungsinya ialah sebagai identitas perusahaan.
Untuk seragam ini sendiri biasanya terdiri dari kemeja, celana atau rok, dan jaket atau blazer. Setiap perusahaan memiliki ciri khasnya tersendiri. Sehingga tidak akan ada kesamaan seragam antar perusahaan. Terlebih setiap seragam sudah memiliki logo perusahaannya tersendiri.
Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Seragam Kerja Kantor
Untuk pembuatan seragam kerja kantor biasanya dilakukan dalam jumlah banyak. Itu sebabnya membutuhkan konveksi profesional yang mampu menangani hal tersebut. Perlu diketahui bahwa ada banyak konveksi yang bisa dipilih. Tetapi, harus bisa memilih konveksi terpercaya yang sudah jelas kualitas produknya.
Di samping mencari tau berbagai hal mengenai konveksi yang dipilih, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan, antara lain:
Pemilihan Warna dan Desain
Dalam membuat seragam kerja kantor, warna dan desain menjadi hal yang perlu diperhatikan. Di mana, warnanya sendiri haruslah sesuai dengan citra perusahaan juga jenis pekerjaan karyawan. Umumnya, untuk warna ini disesuaikan dengan warna logo atau warna dominan perusahaan. Adapun agar logonya nanti tidak terlihat jelek, maka dipilih warna yang memiliki kesesuaian dengan warna logonya.
Di samping itu, desain pun sangat perlu untuk diperhatikan. Desain yang dibuat haruslah dapat mencerminkan bagaimana karakter dari suatu perusahaan. Desain yang dibuat pun harus senantiasa mempertimbangkan kepraktisan dan fungsionalnya.
Bahan
Bahan menjadi hal utama dan paling penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan seragam kerja kantor. Bahan yang dipilih nantinya akan menciptakan seragam yang nyaman, sesuai dengan kebutuhan, juga tahan lama. Umumnya, pemilihan bahan disesuaikan dengan bidang pekerjaannya.
Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan seragam kerja, di antaranya ialah kanvas, kain drill, denim/chambray, oxford, ripstop, dan katun. Setiap jenis bahan ini memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Itu sebabnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Baca Juga : 5 Jenis Kain Seragam Kerja Yang Nyaman Dipakai
Ukuran dan Kualitas
Seragam kantor yang berkualitas dihasilkan dari pemilihan bahan yang tepat. Sehingga, mampu meningkatkan keamanan juga kenyamanan. Selain itu, pemilihan bahan berkualitas dan konstruksi yang bagus akan membuat seragam tersebut memiliki daya tahan baik dan tentunya tidak mudah rusak.
Selain itu, ukuran dari seragam pun perlu diperhatikan. Di mana, ukuran ini haruslah disesuaikan dengan ukuran karyawan. Seragam yang ukurannya terlalu besar atau kecil justru akan membuat karyawan menjadi kurang nyaman dan rasa percaya diri pun berkurang. Itu sebabnya kamu harus melakukan pencatatan ukuran seragam terlebih dahulu, kemudian memesannya.
Budgeting
Budget atau biaya yang dikeluarkan untuk membuat seragam kerja kantor harus memperhatikan budget perusahaan. Nah, di samping setiap jenis bahan memiliki keunggulan yang berbeda, bahan pun akan menentukan harga dari seragamnya. Semakin bagus bahan yang dipilih, maka semakin mahal harganya.
Harga juga akan dipengaruhi oleh kerumitan desain dan banyaknya seragam yang akan dipesan. Akan lebih baik jika kamu melakukan survei harga terlebih dahulu pada beberapa konveksi.
Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat seragam kerja kantor. Adapun salah satu konveksi rekomendasi yang memiliki produk berkualitas juga harga terjangkau ialah Landbouw.id. Konveksi yang sudah berdiri kurang lebih 12 tahun lalu ini terkenal dengan ketepatan waktu produksi seragamnya.